Kamis, 04 Maret 2010

Peranan Gizi

Gizi berasal dari bahasa Arab “Ghidza” yang berarti makanan Gizi adalah bahan makanan yang berhubungan dengan kesehatan tubuh Zat Gizi adalah ikatan kimia yang diperlukan oleh tubuh untuk melakukan fungsinya yaitu menghasilkan energi, membangun dan memelihara jaringan, serta mengatur proses-proses kehidupan, atau merupakan senyawa yang terdapat pada suatu bahan makanan yang sangat di perlukan oleh tubuh.


Gizi Seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal. Zat-zat gizi yang dibutuhkan untuk hidup sehat adalah: karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Didalam tubuh, zat-zat gizi tersebut berfungsi sebagi sumber energi atau tenaga (terutama karbohidrat dan lemak), sumber zat pembangun (protein), terutama untuk tetap tumbuh dan berkembang serta untuk mengganti sel-sel yang rusak, sumber zat pengatur (vitamin dan mineral)


Makanan yang dikonsumsi sehari-hari harus mengandung semua zat gizi tersebut. Makanan sumber energi terutama adalah: nasi, jagung, sagu, ubi, roti, dan hasil olahannya.
Makanan sumber zat pembangun misalnya: ikan, telur, daging, tahu, tempe, dan kacang-kacangan. Makanan sumber zat pengatur terutama sayur-sayuran dan buah-buahan.


Tubuh memerlukan zat-zat dari makanan untuk :
•pemeliharaan tubuh;
•perbaikan kerusakan-kerusakan dari sel dan
jaringan;
•Pertumbuhan.
yang banyak sedikitnya keperluan ini sangat tergantung kepada usia, jenis kelamin, lingkungan dan beban yang diderita oleh seseorang




Kalau anda kurus, makanlah secara teratur dengan gizi seimbang dan lebih banyak dari biasanya.
Kalau anda gemuk, makanlah secara teratur dengan gizi seimbang dan jumlahnya kurang dari biasanya.
Jika anda terlalu kurus atau kegemukan, konsultasikan kepada dokter atau ahli gizi untuk mengatur gizi seimbang


2 komentar:

  1. articels yang bagus sama dengan orangnya yang cantik.. lam kenal dan salamat pagi

    BalasHapus