Kamis, 04 Maret 2010

Cara Pengambilan Contoh (sampel) pada Pengujian Mutu

Pengambilan contoh padatan

1) Pengambilan contoh dari lot yang berbentuk curah
Pengambilan contoh pada produk pengangkut atau lini produksi. Contoh diambil pada waktu produk atau bahan ynag sedang bergerak ke gudang atau sebaliknya dari alat transportasi ke gudang atau sebaliknya. Contoh diambil beberapa kali yag beratnya sama pada periode yang sama.
Dalam tumpukan atau gudang contoh diambil berdasarkan jumlah lot atau sesuai dengan jenis uji yang dilakukan. Contoh diambil di beberapa tempat dari seluruh lapisan secara acak dengan masing-masing beratnya sama.

2) Pengambilan contoh dari lot yang berbentuk terkemas
Dalam alat pengangkut atau lini produksi
Contoh diambil dari produk yang sedang bergerak melalui saluran pengangkut produk dari ruang produksi ke gudang atau sebaliknya atau dari alat transportasi ke gudang atau sebaliknya. Contoh diambil dari beberapa kemasan pada waktu yang sama.
Dalam tumpukan atau gudang dalam karung atau kemasan karton/peti.
Pengambilan contoh semi padat
Bila lot berbentuk curah contoh sebaiknya ditampung ketika bahan dialirkan melalui pipa penyalur kedalam tangki, minyak dan sebagainya. Bagi cairan yang telah ditampung dalam bak atau dalam tangki, pengambilan contoh dilakukan dengan menggunakan alt yang sesuai.

Pengambilan contoh cairan

1) Pengambilan contoh dari pipa penyalur
Kecepatan aliran dalam pipa harus diatur sedemikian rupa sehingga dapat menyebabkab gerakan yang dapat mengaduk cairan. Contoh diambil dengan menggunakan pipa berkran. Contoh diambil selang waktu tertentu yang ditentukan dari percobaan terantung sifat bahan. Penampungan contoh dilakukan sedemikian sehingga masing-masing pengambilan contog volumeya sama dan pada akhirnya diperoleh jumlah yang dikehendaki.. batas ukuran tanding yang dapat diwakili oleh satu contoh maksimum 500 ton. Bila besar tanding lebih dari 500 ton maka kelebihannya dianggap tanding yang lain.

2) Pengambilan contoh dari tangki
Bila tangki berbentuk silinder vertical berada didarat atau tangki kapal pengambilan contoh dilakukan sebagai berikut:
Contoh diambil dari jarak 30 cm dari dasar sampai permukaan cairan. Volume tiap pengambilan harus sama dan seluruhnya disatukan dalam satu contoh.
Bila isi tangki diketahui homogen contoh diambil dari lima tempat, satu kali pada jarak 1/10 tinggi cairan dari dasar. Kelima hasil pengambilan yang sama volumenya masing-masing dicampur manjadi satu contoh.

3) Pengambilan contoh dari lot terkemas:Cairan dikemas dalam drumatau tangki kecil berkapasitas 20-200 L. Sesuai dengan sifat bahan bila drum terlebih dahulu digoyang-goyangkan atau isi drum diaduk hingga serba sama, contoh diambil dengan menggunakan tabung pengambil contoh. Tergantung pada jumlah drum contoh diambil

4 komentar:

  1. Nice,
    Follow juga ya.....
    rapotan-hsb.blogspot.com
    (newbie)

    BalasHapus
  2. Boleh tau ngak cara pengambilan sampel pada cangkang kelapa sawit, dan cara proses analisa moist pada cangkang mohon bantuan nya thanks.

    BalasHapus
  3. Boleh tau ngak cara pengambilan sampel pada cangkang kelapa sawit, dan cara proses analisa moist pada cangkang mohon bantuan nya thanks.

    BalasHapus