Senin, 26 Oktober 2009

Kualitas Protei dalam Diet

protein yang terkandung dalam makanan tidak seluruhnya dapat digunakan oleh tubuh, tergantung pada kualitas protein. protein yang berkualitas rendah akan dikonsumsi lebih banya daripada yang berkualitas tinggi. nilai guna protein yang diutilisasi (net protein utilization) merupakan persentase nitrogen yang ditahan oleh tubuh untuk pembentukan jaringan. parameter NPU untuk menilai protein hingga sekarang dianggap yang paling memuaskan, karena mencakup nilai biologi dan nilai cerna.
protein yang dimakan dipertimbangkan dengan memperhitungkan kualitas agar kebuthan tubuh tercukupi. sehingga untuk memenuhi total protein yang dianjurkan per hari per orang dengan kualitas yang lebih rendah akan lebih banyak diperlukan daripada yang berkualitas tinggi atau sebaliknya. atau yang perlu diperhatikan yaitu:
1. diet tinggi protein yaitu yang memakai kualitas protein bermtu tinggi dengan jumlah yang lebih sedikit per total berat badab
2. diet rendah protein yaitu yang memakai kualitas protein bermutu rendah dengan jumlah lebih banyak per total berat badan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar