Jumat, 19 Februari 2010

Mencegah kepikunan

Pikun atau penyakit pelupa ternyata bukan hanya dialami oleh orang lanjut usia akan tetapi tidak jarang anak muda juga mengalaminya. Kepikunan adalah salah satu proses yang terjadi saat usia bertambah tua. Semakin bertambah umur seseorang, maka fungsi otaknya pun menurun sehingga mengakibatkan kepikunan. Salah satu penyebab penyakit pikun atau demensia adalah karena terjadi penyusutan volume otak. Semakin tua umur manusia maka volume otaknya pun akan semakin menyusut.
Menurut Professor David Smith, peneliti dari Universitas Oxford, Inggris yang dikutip detikhot dari Telegraph, Selasa, (3/3/2009) mengungkapkan bahwa, cara terbaik untuk mencegah penyusutan otak adalah dengan mengkonsumsi vitamin B12. Dan salah satu bahan makanan yang bisa memenuhi kebutuhan vitamin B12 sehari-hari adalah susu.
Seperti yang telah diketahui Vitamin adalah suatu zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita yang berfungsi untuk mambantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh. Tanpa vitamin manusia, hewan dan makhluk hidup lainnya tidak akan dapat melakukan aktifitas hidup dan kekurangan vitamin dapat menyebabkan memperbesar peluang terkena penyakit pada tubuh kita.Sedangkan Vitamin B12 adalah salah satu vitamin yang harus dipenuhi oleh tubuh, sumber yang mengandung vitamin B12 adalah telur, hati, daging, dan lainnya.
A. Susu
Susu merupakan substrat yang baik untuk pertumbuhan mikroba, karena kadar airnya tinggi, pH-nya netral dan kaya akan zat makanan yang diperlukan oleh mikroba. Susu juga merupakan emulsi lemak dalam air yang mengandung garam-garam mineral, gula, dan protein. Komposisi terbesar terjadi pada kandungan lemak, karena kadar lemak susu sangat dipengaruhi baik oleh faktor internal maupun eksternal.

A. Manfaat Susu
Untuk umur produktif susu membantu pertumbuhan, sedangkan untuk orang lanjut usia, susu membantu menopang tulang agar tidak keropos. Susu mengandung banyak vitamin dan protein. Di beberapa bangsa, terutama bangsa Eropa, meminum susu telah menjadi kebiasaan yang lumrah dilakukan setiap sarapan. Susu tidak hanya dari sapi, tapi juga dari beberapa hewan mamalia lainnya,diantaranya: domba, kambing, kuda, keledai, unta. Air susu sangat bermanfaat baik bagi anak sapi ataupun anak manusia. Bagi anak sapi susu tersebut merupakan satu-satunya bahan makanan yang paling sempurna, sebab semua zat yang diperlukan pada awal pertumbuhannya sudah lengkap. Bagi manusia air susu ini merupakan salah satu bahan makanan yang sangat tinggi mutunya karena terdapat zat gizi dalam perbandingan yang optimal, sebab:
1. Protein susu mempunyai nilai tinggi akan asam amino esensialnya, dan
bisa menutup kekurangan asam-asam amino dari bahan lain.
2. Mudah dicerna, tak ada sisa yang terbuang dan lezat rasanya.
3. Kaya kalsium dan dan bahan-bahan yang lain, tetapi unsur Fe dan
vitamin A tidak begitu banyak.
Kalau hanya bicara memang sepertinya gampang, tapi penyakit malas mengkonsumsi susu memang tidak bisa dicegah, padahal susu sudah dikemas secara instan, baik itu susu bubuk maupun susu cair, akan tetapi apabila kita ingin terhindar dari kepikunan maka terpaksa harus rajin minum susu. Dua gelas susu sehari akan dapat memenuhi gizi bagi otak sehari-hari. Dan dengan meminum susu maka kerusakan otak kita pun akan berkurang.

1 komentar: